Study with Me if not now when?

Sabtu, 13 April 2013

Rumah Modern yang Eco-Friendly

detail berita
Rumah modern eco-friendly (foto: myinteriordesign.us)
RUMAH atau bangunan dengan konsep eco-friendly atau ramah lingkungan saat ini kerap menjadi pilihan utama masyarakat, arsitek hingga pengusaha properti. Untuk meenciptakan rumah yang ramah lingkungan bukan berarti harus mengorbankan desain maupun interior yang modern.

Sebuah rumah yang terletak di California, Amerika Serikat (AS) ini mungkin dapat dijadikan inspirasi rumah tinggal eco-friendly dan tetap tampil modern serta nyaman.

Rumah bergaya kontemporer dengan luas 557 meter persegi (m2) ini sukses didesain dengan sangat apik oleh CCS Architecture. Pemiliknya adalah sebuah keluarga kecil yang menginginkan hunian yang hangat dan nyaman, dengan desain interior yang menyatu dengan area outdoor, serta ramah lingkungan. Semua tujuan itu tercapai melalui metode bangunan rumah, material, dan sistem energi yang diterapkan pada rumah tersebut.

Tebagi menjadi tiga bagian rumah yang dipisahkan oleh dua breezeways, semacam jalan setapak yang menghubungkan dua bangunan dengan atap tertutup. Hasilnya adalah sebuah bangunan rumah kontemporer yang nyaman dan sejuk meskipun pada musim panas. Demikian seperti dikutip dari laman My Interior Design. Sabtu (3/3/2012).

Bangunan utama rumah berbentuk L, dengan lantai pertama berfungsi untuk ruang tamu dan garasi. Penggunaan sistem open floor plan memaksimalkan hubungan antara interior dan area outdoor dengan pintu kaca besar sejajar pada setiap sisi dari sebagian besar ruangan yang ada di rumah. Interior rumah menggunakan cat dinding berwarna putih dan kombinasi kayu, lantai kayu, dan perabotan yang dicat senada membuat suasana rumah nyaman dan hangat pada malam hari.

Penggunaan sistem open floor plan memaksimalkan hubungan antara interior dan area outdoor dengan pintu kaca besar sejajar pada setiap sisi dari sebagian besar ruangan yang ada di rumah. Interior rumah menggunakan cat dinding berwarna putih dan kombinasi kayu, lantai kayu, dan perabotan yang dicat senada membuat suasana rumah nyaman dan hangat pada malam hari.

Setengah dari pemakaian listrik di rumah di cover oleh empat killowatt (kw) photovoltaic solar array yang terletak di atap dengan tambahan solar panels untuk menghangatkan pemakaian air di rumah. Atap rumah sendiri terbuat dari structurally insulated panels (SIPs) atau panel struktur terisolasi. Selain itu, high efficiency split system heat pump bisa menyediakan pemanas dan pendingin ruangan.

Penggunaan sunshades di atas semua pintu dan jendela kaca dapat meredam sinar matahari dan mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah sehingga rumah tetap terasa sejuk dan nyaman, meski di bawah sinar matahari yang terik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar