Study with Me if not now when?

Senin, 25 Februari 2013

Perhatikan Enam Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

RumahCom – Membeli rumah bukanlah hal mudah. Beragam aspek harus diperhatikan. Dalam membeli rumah seken, kondisi rumah harus menjadi prioritas utama—selain faktor harga. Ada enam hal penting yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli rumah, agar rumah nyaman dihuni dan Anda tidak merugi.

Atap
Bagi rumah tapak alias landed house, atap merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan. Perhatikan dari setiap sudut, apakah ada tanda-tanda kerusakan atap—sekecil apapun bakal berpengaruh besar. Perhatikan, apakah ada kayu reng atap yang lapuk atau genting yang rusak. Ingat, memperbaiki atap tidak murah.

Saluran Pipa Air Mengecek semua saluran pipa air memang hal mustahil, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti memeriksa bagian bawah bak cuci piring untuk melihat apakah ada kerusakan. Perhatikan pula apakah ada tanda-tanda rembesan air. Untuk itu, Anda perlu membuka semua keran yang ada.

Jendela Periksa bagian bawah dan atas jendela, apakah dinding menggelembung, retak, atau warnanya memudar. Jika demikian, maka itu adalah tanda kebocoran. Anda juga mesti melihat kondisi birai jendela, untuk melihat apakah ada kerusakan di sana.  Pasalnya, mengganti birai tidak murah.

KunciKeamanan adalah hal mutlak bagi sebuah properti, yang tentu menghadirkan suasana nyaman dan tenang bagi para penghuninya. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa apakah semua kunci dan sistem alarm bekerja normal.

Shower dan BathtubPeriksalah apakah shower dan bathtub berfungsi baik, tanpa kebocoran dan dapat tertutup sempurna. Masuklah ke bathtub, dan rasakan apakah ada hal yang janggal. Jangan lupa memeriksa seal antara tub dan lantai. Ingat, sealing yang jelek dapat merusak lantai dengan cepat.

Tetangga dan Lingkungan
Sebuah pepatah Arab mengatakan: “sebelum tinggal di sebuah rumah, lihat dulu seperti apakah tetangganya”. Tetangga sangat penting, karena dengan mereka Anda bersosialisasi setiap hari. Cari tahu, apakah pemilik rumah sebelumnya pernah mengeluhkan tetangganya.

Perhatikan pula apakah ada tetangga yang sedang melakukan pembangunan atau renovasi rumah. Kawasan yang tertata dan terbangun dengan baik, merupakan ciri bahwa lingkungan tersebut memiliki nilai lebih, dilihat dari sisi investasi.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com
sumber: PropertyGuru.com.my
foto: Anto Erawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar